Rabu, 12 November 2014

New Nissan X-Trail 2014

 

Sepuluh tahun silam Nissan X-Trail sempat mendominasi segmen medium SUV, namun kemudian perlahan merosot seiring kehadiran Honda CR-V dan pemain lainnya yang kian popular. Kini  X-trail sudah berancang ancang merebut kembali posisi nomor satu yang pernah direngkuhnya melalui All-new Nissan X-trail yang diluncurkan, Jumat, 12 September 2014.
SUV merupakan model yang cukup digemari konsumen Indonesia tak lain karena kontur geografis Indonesia yang dipenuhi dengan pegunungan dan jalanan yang belum begitu bagus sehingga masyarakat memilih mobil yang berpostur tinggi, ciri khas mobil SUV.
SUV ini kini hadir dalam tiga varian yaitu, 2.0 Liter transmisi manual dengan harga Rp 383 juta, 2.0 Liter transmisi CVT dengan harga Rp 413 juta dan 2,5 Liter transmisi CVT yang menjadi varian tertinggi di harga Rp 431,5 juta.
Selama periode perkenalan, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) juga menyiapkan harga banderol yang kompetitif, berupa potongan harga sebesar Rp 28 juta untuk seluruh varian. Potongan ini juga berlaku pada saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 mendatang.
Lalu apa daya tarik SUV ini, apa yang baru dibandingkan model generasi sebelumnya  dan dimana letak perbedaan diantara ketiga varian tersebut. Mari kita cek spesifikasinya.
Dimensi
Ketiga varian All New Nissan X Trail 2014 memiliki bentuk dan ukuran bodi yang nyaris sama. Ukuran panjang, lebar dan tinggi ketiganya sama. Begitu juga jarak sumbu roda, jarak pijak roda, radius putar dan 
ground clearance juga memiliki ukuran yang sama. Perbedaan dimensi ada pada ukuran roda dan berat kosong kendaraan.
all-new-nissan-x-trail-sideview
Bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya , All New Nissan X-Trail 2014 ini berukuran lebih bongsor. Garis-garis desain all-new Nissan X-trail berkarakter tajam memberikan citra sporty. Meskipun tidak setajam garis-garis milik Mazda CX-5, namun gaya desain X-trail terbaru memang lebih menarik dilihat dari pendahulunya.
Mesin & Drive Train
Nissan menawarkan dua pilihan mesin untuk All New X-Trail 2014. yaitu mesin ukuran 2.0 liter dan 2.5 liter. Mesin 2.0 liter tersedia dalam dua pilihan transmisi yaitu manual dan CVT, sedangkan mesin 2.5 liter hanya tersedia dalam  satu pilihan yaitu CVT. Mesin 2.0 liter mampu membangkitkan tenaga maksimal hingga 144 PS dan Torsi maksimal 20.4 kg.m. Sementara mesin 2.5 liter mampu menghasilkan tenaga hingga 171 PS dan Torsi maksimal 23.9 kg.m. Performance mesin ini tak banyak berubah bila dibanding mesin pada generasi sebelumnya. Ketiga varian menggunakan sistem penggerak roda depan.
Steering
Semua varian All New Nissan X Trail 2014 yang ditawarkan ke konsumen Indonesia sudah menggunakan electric power steering, sama dengan model sebelumnya.
Eksterior
Varian 2.5L CVT merupakan varian high-end dan memiliki fitur eksterior yang paling lengkap. Fitur-fitur eksklusif  yang hanya ditemukan pada varian CVT antara lain LED Headlamp dengan auto levelizer, Auto rain sensing windshield wiper, Heated Rr outside view mirror dan touchless back door.
Salah satu fitur menarik di All New Nissan X-trail yang belum ada pada model sebelumnya adalah Touchless Back Door. Anda hanya butuh menyentuh tombol pada kunci untuk membuka pintu belakang. Atau bisa pula dibuka dengan mengibaskan telapak tangan pada pintu belakang, maka pintu akan terbuka dengan sendirinya.
All_New_X-Trail_Touchless_Back_Door
Fitur standar yang ada pada semua varian antara lain LED Daytime Running Light, Headlamp auto on/off, Follow me home headlamp function, welcome light function, Variable intermittent windshield wiper, Intermittent rr window wiper, LED turn lamp, dan Electric door mirror.
Interior
Berbeda dengan generasi sebelumnya yang memiliki konfigurasi 5 seat maka All New X-Trail memiliki kapasitas 7 seat. Nissan mengklaim interiornya di-desain premium dengan keunggulan jok baris kedua lebih luas. Hadir pula Spinal Support Technology untuk menopang tulang belakang. Nissan X-trail memiliki ruang kepala 120 mm, ruang kaki 220 mm. Ini artinya Nissan X-trail menjadi SUV medium dengan ruang kaki baris kedua terluas di kelasnya (hasil penelitian NMI).
interior all new nissan x ttrail 2014 7 seat
Salah satu fitur baru pada dashboard new X-Trail adalah fitur Around View Monitor. Dengan menggunakan empat kamera super wide-angle kecil yang diletakkan di bagian depan, samping dan belakang mobil, fitur ini memudahkan pengendara untuk melihat obyek di sekitar mobil dengan bird’s eye view 360 derajat. Fitur ini sejatinya milik kendaraan di atas kelas X-trail. Anda juga bisa memilih beberapa tampilan close up dari objek di depan dan belakang sehingga membantu ketika hendak melakukan manuver.
arround_view_monitor all new nissan x trail

Safety & Security
Sudah banyak fitur-fitur safety dan security yang sudah menjadi standard pada semua varian diantaranya, ABS+EBD+BA, Immobilizer + security system, Hill Start Assist, Active Trace Control, Dual SRS Airbag dan masih ada sederet fitur lainnya. 
Dengan berbagai keunggulan spesifikasi dan fitur modern yang dimiliki All New Nissan X-Trail maka tak heran bila NMI cukup PD bisa menjualnya 1.000 unit per bulan. Mari kita ikuti perkembangannya dalam beberapa bulan ke depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar